Selasa, 13 September 2011

Konsep Dasar Sistem Pakar dan Heuristik Search (Resume -1)

Definisi
Sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang atau beberapa orang pakar. Menurut Marimin (1992), sistem pakar adalah sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan.
Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.

Manfaat
  •   Memungkinkan orang awam untuk mengerjakan pekerjaan para ahli
  •   Bisa melakukan proses secara berulang-ulang secara otomatis
  •   Tidak memerlukan biaya saat tidak dibutuhkan
Konsep system pakar
  • Ahli/pakar
  • Keahlian
  • Pengalihan keahlian
  • Mengambil keputusan
  • Aturan
  • Kemampuan menjelaskan 
Permasalahan aplikasi system pakar
  • Interprestasi
  • Prediksi
  • Diagnosis
  • Desain
  • Perencanaan
  • Monitoring 

Struktur system pakar
  • Development environment
  • Consultant environment 

Heuristic search 
Teknik pencarian heuristik  (heuristic searching)  merupakan   suatu   strategi   untuk   melakukan  proses pencarian  ruang  keadaan  (state  space)  suatu problema secara selektif,  yang memandu  proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang  jalur yang memiliki  kemungkinan sukses paling  besar,   dan   mengesampingkan   usaha   yang  bodoh dan memboroskan waktu.

  1. Depth First Search adalah sebuah pencarian uninformed yang berlangsung dengan memperluas node anak pertama dari pencarian pohon yang muncul dan dengan demikian akan lebih dalam dan lebih sampai node tujuan ditemukan, atau sampai hits node yang tidak memiliki anak. Kemudian pencarian backtracks , kembali ke node baru-baru ini kebanyakan belum selesai menjelajahi.
  2. Breadth-first search adalah algoritme yang melakukan pencarian secara melebar yang mengunjungi simpul secara preorder yaitu mengunjungi suatu simpul kemudian mengunjungi semua simpul yang bertetangga dengan simpul tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya, simpul yang belum dikunjungi dan bertetangga dengan simpul-simpul yang tadi dikunjungi , demikian seterusnya.
  3. Hill Climbing termasuk dalam metode Uninformed Search, ia menggunakan metode mencari nilai yang lebih baik dari sebelumnya, cara ini biasanya diterapkan pada tree.
  4. Branch and Bound adalah sebuah teknik algoritma yang secara khusus mempelajari bagaimana caranya memperkecil Search Tree menjadi sekecil mungkin.  Sesuai dengan namanya, metode ini terdiri dari 2 langkah yaitu : Branch yang artinya membangun semua cabang tree yang mungkin menuju solusi. Bound yang artinya menghitung node mana yang merupakan active node (E-node) dan node mana yang merupakan dead node (D-node) dengan menggunakan syarat batas constraint (kendala).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;